. thinkerbellpretty: SEJARAH BUNGA TULIP

Rabu, 02 November 2011

SEJARAH BUNGA TULIP

Romantika Tulip Di Bulan Februari




1298289273154508975 Tulip Augustus semper
Bulan Februari adalah bulan yang romatis , karena kita akan merayakan Hari Valentine di pertengahan bulan ini , yaitu di tanggal 14 . Ada banyak cara untuk merayakannya , termasuk dengan memberikan bunga bagi pasangan yang dicinta. Namun ada bunga yang berkesan di hati saya pada bulan Februari ini, TULIP .Beberapa negara menjadikan bunga Tulip sebagai bunga nasional mereka,seperti Belanda, Iran dan Turki..Terlebih di Belanda , Negara yang menyandang gelar Negri Keju dan Negri Kincir Angin ini juga menyandang gelar sebagai Negri Bunga Tulip .Bunga Cantik ini ternyata memiliki sejarah yang menarik , selain warna dan jenisnya yang beraneka macam,,tak heran kalau keindahan bunga ini, membuat banyak orang jatuh hati . Berikut saya paparkan kepada anda.
Berdasarkan fakta sejarah, bunga Tulip bukan berasal dari negri Belanda, tapi dari Persia dan Turki .Nama Tulip itu berasal dari bahasa Persia , Turban ,yang artinya Sorban .Pada mulanya Tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat.
Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga Tulip dan mulai membudidayakan bunga Tulip sejak tahun 1000. Kekhalifahan Islam Ustmaniyah, terutama pada masa pemerintahan Sultan Ahmed III ( 1703 – 1730 ) . , disebut-sebut sebagai Era Bunga Tulip buktinya motif bunga Tulip sudah ada sejak lama dipakai dalama seni ornament Persia dan Turki .,karena tanaman ini memiliki peranan penting dalam kebudayaan Turki .Tanaman cantik ini dikembangkan secara intensif, dan,berada dibawah pengawasan ketat abdi Istana Kerajaan Ottoman.
Pada masa itu , Istana Sultan memiliki Dewan khusus yang bertugas untuk membudidayakan bunga-bunga itu . Dewan itu dipimpin oleh seorang Turki Yang juga menjadi kepala perangkai bunga istana. Tugas dari hamba ini adalah , memberikan penilaian pada kualitas berbagai jenis bunga Tulip dan memberikan nama-nama yang indah dan puitis bagi bunga-bunga itu . Antara lain ; Those that Burn The Heart , Matchless Pearl ,Rose of Colored Glass, Increase of Joy , Big Scarlet, Star of Felicity , Diamond Envy , Light of Mina ..
Hanya bunga-bunga yang memiliki kualitas sempurna yang dimasukkan dalam daftar jenis-jenis tulip tersebut . Yaitu bungan Tulip yang memiliki standard dari ukuran tinggi ,dan kerampingan kelopak bunganya , bentuk helaiannya sempit . Helaian kelopaknya harus halus tetapi kuat .satu warna , ukuran lebar dan panjangnya pas .
Tidak diketahui kapan persisnya negri kincir angin ini mulai membudidayakan bunga Tulip. Tapi sekitar tahun 1550 , bunga Tulip dibawa masuk ke Belanda oleh kapal-kapal yang berasal dari Istambul . Tapi ,berdasarkan catatan resmi , bunga Tulip diperkenalkan oleh seorang biologist terkenal dari Vienna , Austria bernama Carolus Clusius . Pada Tahun 1590 , Carolus Clucius diangkat menjadi direktur dari Hortus Botanicus, Taman Botanical paling tua di negeri Belanda , Leiden
Carolus Clusius dipekerjakan oleh Universitas Leiden untuk meneliti tanaman obat-obatan , dan di masa dia menjalani pekerjaannya,Carolus mendapat hadiah dari sahabatnya, Oggier de Busbecq. Duta Besar Contantinopel ,beberapa kuntum bunga Tulip untuk ditanam di Leiden , dan akhirnya berkembang sampai sekarang menjadi pusat pariwisata .
Memasuki abad 17 , Tulip mulai dipergunakam sebagai tanaman hias juga untuk bahan baku obat-obatan untuk keperluan medis .. Tapi lama kelamaan popularitas Tulip semakin memuncak . Dan menjadi komoditi yang berharga serta status simbol kemewahan .Buktinya terjadi euphoria Tulipomania atau Tulip Mania , dimana kegilaan terhadap bunga ini, membuat orang-orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan bunga Tulip paling indah atau terjun di dalam bisnis bunga ini.Karena mudah untuk mendapatkan laba dan beresiko kecil.
Semua anggota lapisan masyarakat turut serta dalam kegiatan perdagangan bunga ini, dari rakyat biasa sampai bangsawan . Mereka menjual harta milik mereka untuk turut berspekulasi dalam bisnis ini, dari rumah, tanah, ternak , mas kawin , serta barang berharga lainnya..Dan pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Para ahli tanaman juga secara aktif ,manyilangkan dan menciptakan jenis-jenis dan varietas baru / hybrith yang bentuknya semakin lama semakin cantik dan variatif . Kemudian Tulip dikelompokkan menjadi empat kelompok , yaitu ; Couleren, ( satu warna , seperi merah, putih, kuning ) ,Rosen ( beraneka warna , merah dan pink dengan dasar putih ) , Violetten ( ungu atau lila dengan dasar putih ) , Bizarden ( merah ,cokelat , ataw ungu dengan dasar kuning ) . Tapi yang paling banyak diminati pada masa Tulip Mania itu adalah bunga Tulip dengan motif , sepeti cipratan kuas atau jilatan api ,
Arti bunga Tulip - tulip Umum
Tulip umum adalah simbol dari kekasih sempurna dan, jelas, lambang bunga Belanda. Mengapa tulip umum adalah seperti symbol? Bukan pikiran atau imaginasi sebagai suatu jawaban, itu merupakan sifat Freudian. Ya, tulip melambangkan lingga, dengan demikian menjadi simbol dari kekasih yang sempurna. Hal ini tidak bisa lebih jelas dari itu.





TAMAN BUNGA KEUKENHOF
12983698811072600320
1298370001784630126
12983705561596588968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar